fbpx

Ratusan Dosen Pemula PTKI di Aceh Ikut Pelatihan Kompetensi di UIN Ar-Raniry

Banda Aceh,kabardaily.com — Sebanyak 120 dosen pemula dari berbagai Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) di Aceh mengikuti Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP) tahun 2023.

Kegiatan yang diselenggarakan Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) UIN Ar-Raniry Banda Aceh berlangsung selama enam hari, mulai tanggal 14-19 Agustus 2023 dilaksanakan secara tatap muka di Hotel Grand Nanggroe Banda Aceh.

FB IMG 1692430740239

Shortcourse ini dibuka Menteri Agama yang diwakili oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, di Jakarta, Selasa (15/8/2023) sore. Pria yang akrab disapa Kang Dhani ini meminta PKDP dijadikan wahana memperkuat profesionalitas dosen PTK.

‚ÄúDosen profesional adalah yang konsisten mengejawantahkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama, yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan,” katanya.

Sementara itu, Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh Prof Dr Mujiburrahman MAg dalam sambutannya mengatakan bahwa PKDP menjadi persyaratan untuk mengikuti Sertifikasi Dosen.

Lebih lanjut, Kata Prof Mujib mengutip pernyataan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (DIKTIS) Ahmad Zainul Hamdi menjelaskan empat tujuan PKDP, yaitu: (1) kompetensi pedagogik terkait pengampuan pembelajaran efektif, (2) pembinaan karier dosen terkait pencapaian target jabatan tertinggi sebagai Guru Besar, (3) karya ilmiah terkait kontribusi perguruan tinggi terhadap pengembangan keilmuan, dan (4) moderasi beragama dan semangat kebangsaan.

“Untuk mencapai keempat dimensi tersebut peserta mengikuti kegiatan melalui tiga tahapan, yaitu: in service course I, on the job course, dan in service course II dengan durasi total mencapai 50 hari yang meliputi 200 jam,” terang Prof Mujib, Sabtu (19/8/2023).

Ketua Pelaksana Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) PKDP UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Dr Nur Chalis MA menjelaskan bahwa program ini dilaksanakan dalam dua skema, yaitu In Service Training I (IST-I) yang dimulai tanggal 14-19 Agustus 2023 yang dilaksanakan secara tatap muka.

Kemudian, peserta akan melaksanakan On the Job Training (OJT) mulai tanggal 21 Agustus 2023 hingga 19 Oktober 2023. Selanjutnya peserta akan mempresentasikan hasil proyek pendampingan dengan output proyek pembelajaran dan penulisan artikel pada tanggal 20-21 Oktober 2023 mendatang.

“Pada tahun ini, UIN Ar-Raniry Banda Aceh terpilih menjadi salah satu dari 19 Perguruan Tinggi Penyelenggara (PTP) Short Course Peningkatan Kompetensi Dosen Pemula (PKDP),” ujar Dr Nur Chalis dalam keterangan tertulis, Sabtu (19/8) di Banda Aceh.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Bahasa dan Pengembangan Tenaga Pengajar UIN Ar-Raniry Banda Aceh ini menjelaskan secara Nasional PKDP ini diikuti 2.500 Dosen pemula Perguruan Tinggi Keagamaan.

Untuk UIN Ar-Raniry Banda Aceh mendapat kuota 120 peserta yang terbagi dalam 3 angkatan. “Untuk peserta sebanyak 5 orang berasal dari Jakarta, 11 orang dari Sumatera Utara dan sisanya dari dosen PTKI di Aceh,” ungkapnya.

Sementara pelaksanaan kegiatan PKDP berlangsung selama 3 (tiga) bulan atau 50 hari dengan pola In Service Training dan On The Job Training terhitung sejak mulai pelaksanaan penyelenggaraan program. []