fbpx

Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam UIN Ar-Raniry Raih Akreditasi Unggul

Banda Aceh,KABARDAILY.COM –  Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry, Banda Aceh, meraih akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif Nomor. 4272/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/V/2024 tertanggal 21 Mei 2024.

Prestasi ini menunjukkan komitmen prodi SKI dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelayanan kepada mahasiswa serta menyongsong program-program unggulan pemerintah.

Hermansyah, M.Th., M.Hum selaku Ketua Prodi SKI mengucapkan rasa syukur dan terima kasih sebesar-besarnya kepada Jajaran Pimpinan Universitas, Pimpinan Fakultas, Ketua LPM dan jajaran, para Guru Besar, Dosen, staf Prodi, alumni dan mitra kerja serta terkhusus kepada TIM Instrumen Suplemen Konversi Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam.

“Alhamdulillah berdasarkan hasil asesmen usulan konversi prodi SKI terakreditasi Unggul. Pencapaian tersebut hasil kerja seluruh tim dan mitra baik langsung ataupun tidak langsung, semoga Allah memberikan kita keberkahan dan kemudahan untuk Prodi SKI ke depan,” kata ketua Prodi SKI.

“Berdasarkan surat keputusan Dewan Eksekutif BAN-PT, program studi SKI dinilai Unggul dengan nilai 367, yang berlaku dari tanggal 21 Mei 2024 sampai dengan 15 Desember 2025”, tambahnya.

Dekan FAH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin, Ph.D turut menyampaikan apresiasi kepada tim akreditasi yang telah bekerja maksimal atas prestasi unggul. Menurutnya, pencapaian tersebut diharapkan menjadi pemicu semangat bagi prodi lainnya.

“Capaian ini merupakan komitmen bersama pimpinan fakultas dan kampus saat penandatanganan pakta integritas bersama Rektor UIN Ar-Raniry dengan menargetkan dua prodi di FAH terakreditasi unggul,” jelasnya.

Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kelembagaan FAH UIN Ar-Raniry, Nazaruddin Musa, M.LIS, Ph.D, menjelaskan bahwa program studi SKI meraih predikat tersebut melalui proses Instrumen Suplemen Konversi (ISK) pada tahun 2023. Tercatat, pengajuan unggul melalui proses ISK 20 September 2023.

“Tahun 2023 lalu FAH mengusulkan dua program studi untuk diakreditasi melalui ISK, setelah prodi Bahasa dan Sastra Arab mendapat unggul, kini prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam (SKI) memperoleh akreditasi unggul,” ujar Nazar.

Pencapaian ini menjadi sangat berharga untuk FAH dan kampus UIN Ar-Raniry secara umum sebagai motivasi untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas secara berkelanjutan dan menjadi contoh baik untuk masyarakat.

Sebagai informasi, Prodi SKI adalah prodi pertama yang dibuka dan diresmikan di Fakultas Adab melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI dengan nomor: Kep/E/PP.009/286/83 tanggal 22 September 1986. Sejak itu, Prodi SKI terus mengembangkan diri sesuai dengan zaman dan perkembangan keilmuan serta lulusan.

Saat ini, Prodi SKI memiliki profil lulusan sebagai Sejarawan; Asisten Peneliti Sejarah dan Budaya; Pengembang Sumber-sumber Sejarah dan Kebudayaan Islam; Pendidik Sejarah dan Kebudayaan Islam atau sebagai guru SKI; dan terakhir Praktisi Wisata Sejarah dan Budaya. [ ]