fbpx

Prodi S2 PAI Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh Raih Akreditasi Unggul

KABARDAILY.COM – Program Studi S2 Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh berhasil meraih akreditasi Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK).

Penetapan akreditasi ini tercantum dalam Surat Keputusan LAMDIK Nomor 325/SK/LAMDIK/Ak/M/lll/2024 tanggal 26 Maret 2024 dengan nilai 389. Pencapaian nilai tersebut menjadikannya nilai unggul tertinggi di lingkungan UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Prof Dr Mujiburrahman MAg, menyatakan bahwa peningkatan kualitas akreditasi program studi maupun universitas adalah salah satu komitmen dalam pengembangan kelembagaan akademik di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Hal ini penting untuk mempertahankan mutu akademik yang ditawarkan kepada para mahasiswa. Salah satu poin dalam pakta integritas komitmen kinerja Rektor UIN Ar-Raniry Banda Aceh dengan Menteri Agama yang ditandatangani pada 6 Februari 2024 adalah peningkatan akreditasi program studi dan institusi menjadi unggul.

“Kita harus terus bekerja keras, bersinergi, dan berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang kita tawarkan di kampus yang mulia ini. Akreditasi unggul bukan hanya menjadi pengakuan dari pihak luar, tetapi juga jaminan atas mutu pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa,” ujar Rektor dalam keterangannya, Jum’at (29/3/2024).

Rektor juga menekankan perlunya terus meningkatkan mutu perguruan tinggi secara keseluruhan. “Peningkatan mutu perguruan tinggi tidak hanya terletak pada capaian akademik semata, tetapi juga pada penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, pelayanan yang berkualitas, serta pengembangan sumber daya manusia yang berkesinambungan,” tambahnya.

Prof Mujib menambahkan bahwa UIN Ar-Raniry Banda Aceh menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) pertama yang meraih Akreditasi Unggul dari BAN-PT dengan standar kriteria 9.

“UIN Ar-Raniry Banda Aceh kini memiliki 54 prodi tingkat sarjana, magister, doktoral dan profesi. Dari jumlah itu, 16 prodi sudah terakreditasi Unggul, 4 Prodi terakreditasi A, 16 Prodi terakreditasi Baik Sekali, 14 terakreditasi B dan 4 prodi terakreditasi baik,” ungkap Mujib.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana, Prof Eka Srimulyani, MA PhD, menjelaskan bahwa peringkat unggul ini merupakan salah satu capaian dari Pakta Integritas Pascasarjana dengan Rektor UIN Ar-Raniry untuk meningkatkan akreditasi Program Studi di Pascasarjana. Program Studi S2 PAI adalah yang pertama mencapai target tersebut.

Prof Eka menyebutkan bahwa pencapaian ini telah dipersiapkan secara menyeluruh, termasuk pemutakhiran kurikulum, perbaikan dan penambahan fasilitas, peningkatan layanan akademik, serta pendampingan dan peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa. Ini juga melibatkan dorongan bagi mahasiswa untuk berpartisipasi dalam acara akademik dan menerbitkan karya ilmiah di tingkat lokal, nasional, dan internasional.

Eka Srimulyani juga mengapresiasi kerja keras Ketua dan Sekretaris Program Studi S2 PAI, Dr Zulfatmi MAg, dan Salmahayati, MEd, beserta timnya dalam proses reakreditasi.

Direktur juga mengucapkan terima kasih kepada Rektor UIN Ar-Raniry dan bersama jajarannya atas dukungan penuh dalam proses reakreditasi Program Studi S2 PAI ini.

Terakhir, Eka Srimulyani menekankan bahwa semua ini bertujuan untuk meningkatkan mutu dan manfaat lembaga ini bagi mahasiswa dan masyarakat.

“Atas nama Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, ribuan terima kasih kepada Tim Akreditasi S2 PAI, Tim Pascasarjana, dosen, stakeholder, pengguna lulusan, alumni, dan mahasiswa yang telah berpartisipasi aktif dalam meraih peringkat unggul Program Studi S2 PAI,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Program Studi S2 PAI, Dr Zulfatmi, MAg, mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT atas capaian ini, serta berterima kasih kepada seluruh tim, terutama tim Program Studi S2 PAI, dan pihak lainnya baik internal maupun eksternal, yang telah bekerja keras selama lebih dari satu tahun untuk meningkatkan kualitas dan peringkat akreditasi Program Studi S2 PAI.

“Semoga percapaian akreditasi Unggul ini akan memberi manfaat bagi mahasiswa dan alumni Program Studi S2 PAI,” harapnya. [ ]