fbpx

Pj Bupati Aceh Besar Buka Kick Off Meeting Program Penguatan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar Tahap III

Aceh Besar,kabardaily.com  – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto, SSTP MM membuka Kick off Meeting Program Penguatan Kualitas Pendidikan Sekolah Dasar tahap III di Aceh Besar, yang diselenggarakan oleh lembaga sosial asal Inggris bekerjasama dengan Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI), yang berlangsung di Aula Gedung Dekranasda Aceh Besar, Gampong Gani Kecamatan Ingin Jaya, Kamis (31/08/2023).

Dalam sambutannya, Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Muslim Aid dan YKMI yang telah membantu meningkatkan kapasitas dan pembangunan untuk lima Sekolah Dasar di Wilayah Aceh Besar.

FB IMG 1693483104166

“Terima kasih atas bantuan ini, mudah-mudahan untuk fase selanjutnya, apabila ada sekolah-sekolah lain yang benar-benar butuh bantuan, tolong dibantu juga,” harap Pj Bupati Aceh Besar.

FB IMG 1693485102089

Kemudian, kepada sekolah yang telah mendapatkan bantuan di fase satu dan dua, kami minta untuk menjaga fasilitas yang telah bantu secara bersama. “Baik itu mobiler, pembangunan fisik dan lain-lainnya, kami minta kepada dewan guru, komite dan para siswa untuk menjaga setiap bantuan pembangunan dari pemerintah maupun pihak yayasan. Dan jangan lupa senantiasa mensyukuri bantuan yang telah diberikan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, semua elemen harus bersatu dan fokus untuk meningkatkan dunia pendidikan, apalagi situasi pendidikan di Aceh Besar masih belum maksimal. “Maka, saya berharap kepada Dinas Pendidikan Aceh Besar untuk dapat terus berpikir dan berikhtiar untuk meningkatkan mutu pendidikan khusus SD dan SMP yang menjadi kewenangan kita di Kabupaten Aceh Besar,” sebut Muhammad Iswanto.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar, Agus Jumaidi SPd MM mengatakan, Program dari YKMI dalam hal membantu peningkatan penguatan kualitas pendidikan sekolah dasar sudah memasuki ke tahap ketiga. “Untuk tahap pertama berlangsung di 5 sekolah dan di tahap kedua di 4 sekolah yang telah dibantu untuk peningkatan kualitas dan sarana prasarana sekolah dan Alhamdulillah, di fase ketiga ini kita kembali mendapat bantuan untuk 5 sekolah dari YKMI dan Muslim Aid,” ujarnya.

Disamping itu, dengan kondisi anggaran APBK Kabupaten yang sangat kecil, program YKMI sangat membantu sekolah-sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran maupun mutu pendidikan di Kabupaten Aceh Besar. “Pada kesempatan ini, saya selaku Plt Kepala Dinas Pendidikan Aceh Besar mengucapkan terima kasih kepada YKMI dan Muslim Aid atas kerja sama selama 3 tahun untuk mutu pendidikan khusus di Aceh Besar,” tutur Agus Jumaidi.

Selain itu, DIsdikbud Aceh Besar juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto dalam dua tahun kepemimpinannya selalu mensport program-program dari YKMI yang dijalankan di Aceh Besar. Karena program YKMI sudah dua tahun berkerja sama dengan Dinas Pendidikan.

“Tentunya suport ini sangat penting, dimana nantinya kita bisa sama-sama menyukseskan program dari YKMI dan kami juga mengharapkan kerja sama dari pada kepala sekolah sehingg pelaksanaan program ini berjalan dengan baik dan program YKMI dapat terus berlanjut untuk tahun-tahun selanjutnya,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua YKMI Elfi Hasnita mengungkapkan, program ini bisa berjalan berkat dukung dari Pemerintah Kabupaten Aceh Besar.

“Terima kasih Pak Pj, selalu mendukung dan memberikan arahan kepada kami, apalagi dukungan serta koordinasi yang baik dengan pihak Dinas Pendidikan Aceh Besar sehingga program tahap 1 dan 2 berjalan dengan baik, dan Alhamdulillah berlanjut ke fase 3.

Ia menjelaskan, artinya apa yang sudah dijalankan pada tahap 1 dan 2 mendapatkan nilai apresiasi yang besar dari pihak donatur sehingga bisa berlanjut ke tahap ketiga.

“Nah, kami berharap kepada semua pihak terutama kepala sekolah yang sudah terpilih pada tahap ke 3 ini, supaya dapat meningkatkan koordinasinya,” jelasnya.

Ia menambahkan, hanya satu tujuannya, supaya anak-anak Aceh Besar bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas dan mempunyai Akhlaq yang baik. “Karena mereka merupakan generasi penerus bangsa,” pungkasnya

Turut hadir Kadis Kominfo Abu Bakar SAg, Sekertaris Dinas Pendidikan Fakhrurazi SE, Kabid Pendidikan dasar Safrijal SSos, Koordinator Program, Kepala Sekolah berserta dewan guru.[*]