28.7 C
Banda Aceh
BerandaAgamaPermata Hijau Dari Mesjid Raya

Permata Hijau Dari Mesjid Raya

Oleh : Affilinda SPd MPd*
SANTERDAILY.COM | ——-Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan nilai tambah.

Dalam kontek ini seorang pemimpin harus memiliki jiwa entrepreneurship yang dibutuhkan untuk mengelola sumber daya yang dimiliki. Begitupun juga bagi seorang pemimpin pendidikan. Bahkan boleh dikatakan syarat mutlak seorang pemimpin adalah harus memiliki jiwa kewirausahaan.

Tujuan pengembangan kewirausahaan bagi kepala sekolah adalah agar kepala sekolah inovatif, kerja keras, memiliki motivasi kuat, pantang menyerah, dan kreatif dalam mencari solusi terbaik sehingga mampu menjadi contoh bagi warga sekolahnya.

Pendidikan kewirausahaan (enterpreneurship) sangat penting dan diharapkan mampu menciptakan jiwa-jiwa wirausaha, sehingga mereka mampu mandiri dan menciptakan lapangan kerja yang setiap tahun terus bertambah.

Untuk itu, dibutuhkan peran dunia pendidikan yang mampu menampung aspirasi peserta didiknya. Permendiknas No. 13 tahun 2007 tentang Kompetensi kepala sekolah salah satunya adalah kompetensi kewirausahaan.

Menyikapi hal ini SMP Negeri 2 Mesjid Raya Aceh Besar dibawah kepemimpinan saya, menyahuti dan mengembangkan kompetensi kewirausahaan.

Melalui penanaman area belakang sekolah dengan tanaman buah melon. Ide kreatif ini muncul disaat saya berkunjung ke salah satu rumah siswa yang sudah beberapa hari tidak hadir kesekolah.

Saat kunjungan tersebut saya melihat bahwa di desa Neuheun Kecamatan Mesjid Raya tersebut banyak kebun melon.

Kemudian saya berkomunikasi dengan dua orang satpam dan satu orang penjaga sekolah yang masih dikatagori usia muda.

Kami ingin memanfaatkan lahan tidur belakang sekolahdan sejak januari 2018 area 500 meter persegi digarap oleh 2 satpam, 1 penjaga sekolah dan 8 orang siswa sebagai awal mulanya buah hijau ini menjadi primadona di SMP Negeri 2 Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.

Pada bulan April 2018 sang primadona dapat di panen perdana. Sungguh diluar dugaan dengan modal yang sangat minim dan area yang sangat terbatas, Allah limpahkan rahmatNya kepada warga SMPN 2 Mesjid Raya dengan mendapatkan hasil panen satu ton.

Keuntungan lain dan sisi positif yang diperoleh sekolah adalah bahwasanya selama ini sekolah tidak pernah sepi dan kosong dikarenakan meskipun siswa dan dewan guru sudah pulang saat aktifitas PBM selesai, namun masih ada para pejuang melon yang senantiasa setia merawat tanamnnya.

Pendidikan lain yang diperoleh dari kewirausahaan ini adalah pendidkan karakter dalam hal pengembangan diri para siswa untuk lebih mandiri. Ini dapat dilihat dengan kesungguhannya ikut serta dalam menggarap kebun melon.

Sekolah berharap dengan pendidikan ini para siswa memiliki kemampuan mengembangkan potensi dirinya dalam keluarga maupun di lingkungan masyarakat untuk menunjang kehidupan pribadinya pada suatu hari nanti.

Bagi siswa lain kebun melon juga merupakan sumber belajar langsung dalam melakukan dan menyelesaikan penugasan yang diberikan guru.

Hasil penjualan melon digunakan sebagai modal berikutnya dan untuk para pejuang melon SMPN 2 Mesra tentunya dapat menikmati hasil jerih payahnya. Tak terkira syukur nikmat Allah SMPN 2 Mesra sudah tiga kali memanen si permata hijau.

Semoga lahan tidur SMPN 2 Mesjid Raya terus di garap, sang pejuang permata hijau diberi kesehatan oleh Allah untuk terus berkarya dan terus dapat berinovasi dan mengembangkan kewirausahannya.
Salam.

*Kepala SMPN 2 Mesjid Raya

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,051,205
Total confirmed cases
Updated on May 18, 2022 08:48
Indonesia
156,481
Total deaths
Updated on May 18, 2022 08:48
Indonesia
3,898
Total active cases
Updated on May 18, 2022 08:48