fbpx

Pansel KIP Rampung Laksanakan Wawancara Calon Anggota KIP

Bireuen,kabardaily.com – Panitia Seleksi (Pansel) Anggota Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Bireuen, hari ini, Sabtu (27/5/2023) rampung melaksanakan Wawancara, Psikotest dan Uji Baca Al-Qur’an bagi 30 Calon Anggota KIP Bireuen periode 2023-2028.

Selama tiga hari berturut-turut sejak Kamis (25/5/2023), anggota Tim Pansel dibantu Psikolog dan Tim Uji Baca Al-Qur’an, secara marathon dari pagi sampai sore mendalami kemampuan para calon, dengan berbagai materi dan issue Pemilu. Selain itu juga mereka ditanyai berbagai hal terkait profil dan rekam jejaknya sebelum melamar sebagai Calon Anggota KIP Bireuen. Sementara, Uji Baca Al-Qur’an juga harus dilewati oleh peserta, mengingat ini adalah amanah Undang-undang Pemerintahan Aceh.

Mukhtaruddin SH MH, Ketua Pansel KIP Bireuen yang ditanyai media ini, menyampaikan bahwa dalam sepekan ke depan, mereka harus menyelesaikan tugas perangkingan untuk menentukan 15 nama yang akan dilimpahkan ke DPRK Bireuen melalui Komisi I.

“Tentu saja berdasarkan hasil hari ini dan tanggapan masyarakat. Kami akan bekerja profesional dan kolektif kolegial, bersama anggota Tim Pansel lainnya” sebut mantan Ketua KIP Bireuen periode 2013-2018 tersebut.

Sesuai dengan tahapannya, Pansel KIP Bireuen akan mengumumkan 15 nama pada tanggal 5 Juni 2023 mendatang. Setelahnya, akan ditentukan jadwal penyerahan hasil seleksi kepada DPRK.

“Untuk penyerahan hasil seleksi secara formal, nanti kita sesuaikan dengan kondisi” katanya lebih lanjut.

Sementara itu, Farhan, salah seorang warga Kecamatan Samalanga yang ditanyai media ini, yakin bahwa kinerja Pansel KIP dapat dipertanggungjawabkan.

“Jangan sampai kejadian, orang yang tidak punya kapasitas dan rekam jejaknya tidak baik, tapi direkomendasikan ke DPRK!” katanya, sambil menambahkan bahwa issue-issue yang menyebutkan orang tertentu jaminan lulus, bisa terbantahkan oleh integritas Pansel KIP.

“Kita berharap Pansel ini benar-benar independen. Agar bisa menghasilkan Calon Komisioner yang berkualitas” sebutnya bersemangat. (MA)