28.9 C
Banda Aceh
BerandaLainnyaBudayaLatih Kemandirian Siswa, SMPN 1 Peukan Bada Budayakan Pembelajaran Life Skill

Latih Kemandirian Siswa, SMPN 1 Peukan Bada Budayakan Pembelajaran Life Skill

Oleh : Rusydi SAg

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Saat kami menghubungi kepala SMPN 1 Peukan Bada, Ismairi SPdI untuk memastikan kembali jadwal literasi, beliau mengatakan siap, namun dimulai pada pukul 10.00 karena dari pukul 08.00-10.00 ada kegiatan siswa pembelajaran life skill pada mata pelajaran prakarya.

Begitu saya sampai di SMPN 1 Peukan Bada, setelah sebelumnya saya di SMPN 2 Mesjid Raya, langsung diajak kepala sekolah ke aula dimana para siswa sedang mempersiapkan hidangan yang siap untuk dinilai oleh gurunya.

Setelah melihat sekilas kami kembali ke mushalla, tempat dilaksanakannya program literasi. Dalam perjalanan saya menyempatkan berbincang-bincang dengan kepala sekolah.

Ismairi menyebutkan kegiatan praktik langsung dari materi pelajaran terutama mengenai life skill (kecakapan hidup) adalah untuk melatih siswa mandiri dan jiwa enteurprenur.

Setelah selesai kegiatan literasi kami menuju aula pertemuan SMPN Peukan Bada, Kamis 21 Maret 2019 terlihat seperti ada acara kenduri, di atas meja sudah dipenuhi aneka macam makanan, terlihat dewan guru dengan penuh suka cita menikmati hidangan tersebut.

Ada di antara tim literasi sempat bertanya ada apa gerangan ?, tim literasi dipersilahkan masuk oleh Bapak kepala sekolah dan dewan guru untuk menikmati hidangan yang sudah disediakan diatas meja.

Tanpa basa-basi lagi saya langsung duduk disamping Bapak kepala sekolah Ismairi, S.Pd, dan disusul oleh anggota tim Juwita, S.Pd dan Anissatul Fajri,S.Pd . Menu yang disajikan dihadapan cukup bervariatif, kuah telur yang disantan, ikan asin dan jeroan yang di tumis, ikan lado, mie goreng, tempe tumis, ayam kalasan.

Jeroan ayam dicampur kentang, kue serta buah untuk cuci mulut. Usai menikmati hidangan tim dan guru mata pelajaran seni dan Prakarya sekaligus pembimbing dan pemarkasa kegiatan Kuliner Lestari di SMP Peukan Bada Ibu Suryani,S.Pd dan Ibu Erlinawati,S.Pd bincang-bincang dan saling tanya jawab tentang kegiatan kuliner lestari.

Beliau menyampaikan bahwa ini merupakan agenda kegiatan tahunan khusus di semester II untuk siswa kelas 3.

Kegiatan serupa juga pernah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Kegiatan kuliner lestari sudah berlangsung selama 2 hari Rabu 20 Maret 2019 dan hari ini Kamis 21 Maret 2019, setiap kelas dibagi lagi menjadi 2 kelompok yang harus mempersiapkan kulinernya.

Lebih lanjut guru pembimbing menambahkan, semua menu dipersiapkan di rumah oleh siswa masing-masing kelompok, karena fisilitas memasak di sekolah yang belum tersedia dalam kapasitas yang mencukupi, lalu makanan tersebut dibawa ke sekolah, serta siswa sendiri yang mengatur di atas meja dengan sedemikian rupa agar terlihat rapi dan indah.

Selesai siswa menghidangkan lalu diadakan penilaian oleh tim juri dari unsur guru di sekolah tersebut, kriteria penilaian adalah: pertama rasa yang lezat, kedua kerapian penataan, ketiga kebersihan, keempat bernilai gizi 4 sehat 5 sempurna, namun untuk tahun ini belum diberikan hadiah bagi kelompok yang menjuarai, tetapi hanya diumumkan saja kelompok yang menunya memenuhi standar penilaian.

Harapan yang disampaikan oleh Ibu Suryani,S.Pd yaitu dengan kegiatan seperti ini siswa mendapat pengalaman life skill atau kecakapan hidup, apalagi bagi siswa perempuan dapat mengimplementasikan dalam kehidupannya, yang lebih penting lagi bahwa pandai memasak itu penting, dan juga bila nanti ada siswa yang melanjutkan ke sekolah SMK jurusan tata boga mereka sudah memiliki sedikit ilmu dalam memasak dan menata hidangan.

Kegiatan ini terlaksana berkat kekompakan dan dukungan yang besar dari kepala sekolah dan seluruh unsur guru dari sekolah SMPN Peukan Bada, serta kemauan siswa yang besar untuk membuat terobosan dalam pembelajaran bervariatif dan bermakna dalam kehidupan.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,053,424
Total confirmed cases
Updated on May 25, 2022 18:53
Indonesia
156,553
Total deaths
Updated on May 25, 2022 18:53
Indonesia
3,011
Total active cases
Updated on May 25, 2022 18:53