fbpx

Krak, Seribu Guru Ngaji di Bireuen Dilatih Tahsin Alquran Bersanad

BIREUEN,KABARDAILY.COM  – Sekitar 1000 guru ngaji di Kabupaten Bireuen kembali dilatih Tahsin Alquran bersanad. Kegiatan ini diikuti antusias oleh para guru ngaji di Bireuen.

Kegiatan ini merupakan hasil kerjasama antara IAI Almuslim dengan Ikatan Alumni Timur Tengah (Ikat) yang disponsori oleh anggota DPD RI asal Aceh, HM Fadhil Rahmi Lc MAg atau akrab disapa Syech Fadhil.

“Alhamdulillah, ini merupakan gelombang kedua pelatihan tahsin akbar Training Of Trainer (TOT) bagi 1000 guru Alquran bersanad,” kata Ketua Panitia Tahsin Akbar, Hendri Julian, M.Ed, dalam sambutannya pada penutupan gelombang 2 di IAI Almuslim, Minggu 3 Desember 2023.

Menurutnya, pelatihan tersebut berlangsung dalam 4 gelombang dan aktivitasnya dilaksanakan selama dua hari di akhir pekan.

“Kita nantinya juga akan turun ke kampung-kampung untuk mengajar. Para mentor tahsin ini adalah guru-guru terbaik lulusan Al Azhar yang bersanad,” ujar Hendri.

Sementara itu, Syech Fadhil dalam kata kata sambutannya pada penutupan kegiatan tersebut, mengatakan tahsin Alquran merupakan kegiatan yang telah dilakukannya jauh sebelum menjadi anggota DPD RI asal Aceh.

“Saat itu saya masih menjabat sebagai Ketua IKAT Aceh. Kegiatan ini telah kita mulai sejak 2015 lalu. Kita mulai dari Banda Aceh dan Aceh Besar lanjut ke Pidie Jaya, Abdya, Aceh Tengah, Aceh Timur dan kemudian menyebar ke seluruh Aceh, termasuk Bireuen,” ujar sahabat Ustadz Abdul Somad ini.

Awalnya, kata Syech Fadhil, dirinya was-was untuk menurunkan tim tahsin ke daerah daerah di Aceh.

“Ini karena tim Tahsin Alquran ini, para pengajarnya sangat muda-muda. Tapi percayalah, mereka adalah lulusan terbaik Al Azhar dan bersanad langsung hingga ke Rasulullah Saw. Hingga akhirnya, ada para orangtua kami dan beberapa pihak yang meminta,” ujar Syech Fadhil.

“Saya berharap ibu-ibu, bapak-bapak para guru Alquran untuk belajar semaksimal mungkin dengan para asatidz dan guru-guru ini. Saya sendiri berharap kegiatan ini terus berlanjut secara rutin dan saya akan mensupport sesuai kemampuan,” katanya lagi.