fbpx

Kolaborasi Lecturer Tingkat Dunia, Dosen FEB USK Isi Kuliah Tamu di Thailand

Banda Aceh,kabardaily.com – Koordinator International collaboration OIA Universitas Syiah Kuala (USK) yang juga sebagai Dosen program Internasional IBEP USK dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Talbani Farlian S.E., Ak, M.A., AWP memberikan kuliah tamu di Thaksin University, Thailand, pada 16 Agustus 2023.

Talbani mempresentasikan kuliah tamu sebagai narasumber tunggal, dengan tema: The Economics of Money, Banking, and Financial Markets” di ruangan kuliah lantai 2 gedung Fakultas Ekonomi, Thaksin University, Thailand. Kuliah ini dihadiri oleh 56 mahasiswa Thailand jurusan Ekonomi Pembangunan.

Dalam lawatan ke negara ‘Gajah Putih’ itu, ia didampingi oleh staf OIA, Rahmi Hidayati dan dua mahasiswa internasional USK yang sedang di Thailand.

Dalam presentasinya, Talbani menerangkan bagaimana cara kerja pasar keuangan seperti financial cross border, lalu lintas devisa, pasar obligasi, saham dan valuta asing, exchange rate, instrumen keuangan lainnya yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

“Serta bagaimana memeriksa lembaga keuangan seperti kesehatan bank, investasi dan perusahaan asuransi bekerja, dan menjelaskan bagaimana cara mengetahui peran uang dalam perekonomian,” kata Talbani.

Selain itu, Ketua Program Kelas Internasional (IBEP) FEB USK ini juga menjelaskan beberapa istilah Bahasa Inggris yang digunakan dalam bidang perekonomian, serta dilanjutkan dengan interaktif tanya jawab.

Lebih lanjut, salah satu dosen dari Thaksin University, Fakultas Ekonomi, Thailand, yang mendampingi saat itu, Dr. Thanawit Bunsit dalam sambutannya menyampaikan, bahwa mahasiswa Thailand memerlukan kuliah terkait ekonomi, uang dan finance yang bersifat global.

“Mahasiswa tidak hanya perlu mengetahui ekonomi dalam negeri saja tapi juga perekonomian secara global, yang mana juga menggunakan bahasa asing yaitu Bahasa Inggris. Mahasiswa Thailand sangat memerlukan lingkungan kelas ekonomi yang bernuansa dunia yang berbasis kemampuan ‘union card’ communication skills, salah satunya cakap dalam Berbahasa Inggris, sehingga tidak hanya mendorong ilmu perekonomian saja tetapi juga mendukung dalam bidang bahasa,” jelasnya.

Selain memberikan kuliah, Talbani juga memperkenalkan USK guna menarik minat mahasiswa Thailand untuk kuliah di 12 fakultas di USK. Ataupun agar mereka dapat mengikuti program yang diselenggarakan oleh Kantor Urusan Internasional, OIA USK.

Disamping mengajar sebagai narasumber di Thaksin University Thailand, jebolan Georgia State University, Atlanta USA ini membahas berkesinambungan kolaborasi internasional dalam bidang exchange for Lecturer and Student Mobility antara USK dan Thaksin University, serta kemungkinan implementasi Dual Degree Program antara fakultas-fakultas yang ada di masing-masing universitas tersebut, melalui OIA (Office International Affair) di kedua universitas.[*]