fbpx

KIP Bireuen Uji Baca Al-Qur’an Bacaleg

Bireuen,kabardaily.com  –  Komisi Independen Pemilihan (KIP) Bireuen, Aceh, mulai hari ini Selasa (6/6/2023) s.d Kamis (8/6/2023) laksanakan Uji Mampu Baca Al-Qur’an bagi Bakal Calon Anggota DPRK Bireuen, bertempat di Masjid Agung Sultan Jeumpa.

Kegiatan ini dibagi dalam beberapa tahap. Hari Selasa, dijadwalkan untuk Bakal Caleg dari Daerah Pemilihan (Dapil) Bireuen 1 dan Bireuen 3. Hari Rabu, yang akan mengikuti adalah Bakal Caleg dari Dapil Bireuen 2 dan Bireuen 4. Sementara untuk hari terakhir pesertanya adalah Bakal Caleg dari Dapil Bireuen 3 dan Dapil Bireuen 6.

Sesuai dengan Pengumuman KIP Bireuen Nomor 364/PL.01.4-PU/1111/2023 tentang Uji Mampu Baca Al-Qur’an Bagi Bakal Calon Anggota DPRK Bireuen dari Partai Politik/ Partai Politik Lokal Peserta Pemilu 2024, aspek penilaian terdiri dari penguasaan Ilmu Tajwid, maksimal nilai 40 poin. Kemudian Fashahah, maksimal nilai 40 poin dan Adab, maksimal nilai 20 poin. Peserta dinyatakan mampu apabila secara akumulatif mendapatkan minimal nilai 50 poin.

Setiap peserta wajib datang lebih awal 15 menit sebelum kegiatan berlangsung. Mereka juga tidak diperkenankan membawa Al-Qur’an sendiri, karena Al-Qur’an sudah disediakan oleh Tim. Setiap peserta diberikan waktu maksimal 5 menit. Untuk kegiatan ini, tidak ada remedial atau Uji Baca Al-Qur’an susulan atau pengujian ulang. Hasil yang dikeluarkan oleh Tim bersifat final.

Amrullah, SE, MIP, Kasubbag Teknis Penyelenggara KIP Bireuen kepada media ini menyampaikan, Uji Baca Al-Qur’an ini adalah kekhususan Aceh. Ia berharap kegiatan ini berjalan lancar dan tertib.

“Ini sesuai dengan Keputusan KIP Aceh Nomor 37 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Uji Mampu Baca Al-Qur’an bagi Bakal Calon Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Aceh dan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten/Kota. Semoga kegiatan ini berjalan tertib dan aman” sebut Amru, sapaan akrab pegawai senior KIP Bireuen ini.

Rihayatul ‘Aisyi, salah seorang Bakal Caleg PKS Dapil Bireuen 3 kepada media ini menyampaikan, sangat tenang saat mengikuti kegiatan ini.

“Alhamdulillah lancar. Mudah-mudahan mendapatkan nilai yang maksimal” sebut dara Cot Puuk, Gandapura, Hafidzah 30 Juz tersebut. (MA)