fbpx

Kemenag Aceh Besar Peringati Harkitnas ke 116, Gelar ziarah dan doa di Pusara Pahlawan Nasional

JANTHO,KABARDAILY.COM  –  Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar melaksanakan serangkaian kegiatan memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 tanggal 20 Mei 2024 yang di pusatkan di Kecamatan Indrapuri.

Acara di awali dengan upacara pengibaran bendera merah putih di komplek MTsN 1 Aceh Besar yang berlokasi di Gampong Pasar Indrapuri, Ulee Kuta yang berada di pusat Kecamatan Indrapuri. Bertindak sebagai inspektur upacara Kepala Kankemenag Aceh Besar H Saifuddin SE di ikuti oleh jajaran pimpinan Kemenag, Kepala KUA, Kepala Madrasah, ASN dan siswa madrasah.

Pada kesempatan tersebut Kepala Kantor Kemenag Aceh Besar H Saifuddin membacakan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi. Peringatan Harkitnas ke 116 dengan tema ” Bangkit untuk Indonesia Emas”, menekankan lima poin penting.

Pertama, sejarah Kebangkitan Nasional yang dimulai dengan berdirinya Boedi Oetomo dan peran inspiratif Kartini dalam memajukan pendidikan dan kesetaraan.

Kedua, pentingnya pendidikan dalam membebaskan manusia dan bangsa dari belenggu penjajahan, yang menjadi dasar perjuangan para pendiri bangsa.

Ketiga, relevansi kemajuan teknologi di era modern sebagai penanda zaman baru dan kunci untuk menguasai peradaban.

Adapun poin keempat, dimana potensi besar Indonesia dengan bonus demografi yang dapat mendorong inovasi dan pertumbuhan ekonomi, serta pentingnya adopsi teknologi digital untuk keluar dari middle-income trap.

“Terakhir, semangat optimisme dan kerja bersama untuk memaksimalkan semua potensi dalam mencapai “Indonesia Emas 2045” sebagai momen kebangkitan kedua yang krusial bagi bangsa” ujar Saifuddin.

Kakankemenag Aceh Besar, Saifuddin juga menambahkan bahwa ASN Kantor Kemenag Aceh Besar harus hijrah untuk memaknai peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang ke-116 Tahun 2024 ini sebagai momentum untuk memperbarui semangat dalam berkerja dan kolaborasi, sebagai warisan untuk membawa kejayaan Kementerian Agama menjadi lebih baik ke depan.

“Mari kita maknai peringatan hari kebangkitan nasional sebagai hijrah, hijrah dari yang baik tinggalkan yang tidak baik. ASN Kemenag Aceh Besar harus Bangkit Untuk Indonesia Emas dalam hal menjalankan visi misi Kementerian Agama” tutup Saifuddin.

Menurut laporan Kasubbag tata usaha Kemenag Aceh Besar H Khalid Wardana SAg MSi, kegiatan upacara berlangsung khidmat dan meriah. Usai upacara Pimpinan Kemenag Aceh Besar dan jajaran ASN melaksanakan ziarah dan doa bersama di pusara Pahlawan Nasional Tengku Chik Ditiro di Gampong Mureu dan Makam Panglima Polem di Gampong Lamsie.

Bahkan di Pusara Chik di Tiro yang di apit oleh makam Wali Nanggroe Aceh Tgk Hasan Muhammad di Tiro, ASN Kemenag Aceh Besar usai doa bersama mendengarkan kilas balik perjuangan Tgk Chik di Tiro yang di sampaikan khadam penjaga makam Tgk Hanif.

Dengan tekun dan kusyuk ASN Kemenag mendengarkan riwayat perjuangan Tgk Chik di Tiro dari awal pergerakan melawan kolonialisme Belanda sampai syahid dan di kebumikan di Mureu, Indrapuri Aceh Besar.