fbpx

Kadisops Lanud Sam Ratulangi Hadiri Upacara Pemberangkatan Satgas Pam Puter

Manado,kabardaily.com –  Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Pas Togap M. Siburian mewakili Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., menghadiri Upacara Pemberangkatan Satuan Tugas Pengamanan Pulau-Pulau Kecil Terluar (Satgas Pam Puter) Wilayah Kodam XIII/Merdeka TA. 2023 di Lapangan Hitam Makorem 131/Santiago, Manado, Sulawesi Utara. Senin (12/6/2023).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, S.Sos., M.I.P., dan Komandan Upacara Letkol Inf Suhendro Alim Prayogo, S.Sos., M.H., pelaksanaan upacara berlangsung dengan tertib dan khidmat.

Dalam Satgas Pam Puter kali ini, Yonif 714/Sintuwu Maroso mendapatkan kehormatan sebagai leading sektor yang melibatkan sebanyak 153 prajurit untuk menjaga pulau-pulau kecil terluar diantaranya 90 prajurit Kodim 1312/Talaud dan 63 prajurit Kodim 1301/Sangihe.

“Tugas yang diamanahkan merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan, karena tidak setiap prajurit memiliki kesempatan untuk dapat menunaikan tugas menjaga pulau-pulau kecil terluar,” ujar Danrem 131/Santiago.

Unsur pimpinan dalam penugasan ini, lanjutnya, menjadi faktor penting untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian kepada seluruh prajurit Satgas, serta menjadi teladan dengan menunjukkan sikap dan tindakan yang baik dalam setiap kegiatan.

Kabupatan Kepulauan Sangihe dan Kabupaten Kepulauan Talaud merupakan wilayah yang strategis yang merupakan jalur perlintasan batas Indonesia dan Filipina, sehingga wilayah tersebut tentu memiliki berbagai potensi ancaman yang membutuhkan kesiapsiagaan kita bersama,” jelasnya.

Selanjutnya, Danrem 131/Santiago menyampaikan kepada seluruh prajurit untuk menjaga citra dan nama baik satuan dalam setiap penugasan, agar terhindar terjadinya pelanggaran sekecil apapun.

Turut hadir dalam pembukaan upacara ini, Kasrem 131/Santiago Kolonel Inf Yarnedi Mulyadi, Asosp Danlantamal VIII Kolonel Laut (P) Dwi Yoga Pariyadi, Karo Ops Polda Sulut Kombes Pol R. Wawan Wirawan, Danyonif 714/Sintuwu Maroso Letkol Inf Subekhi, Para Asisten dan Kabalakdam XIII/Merdeka, serta pejabat pemerintah daerah lainnya.[*]