fbpx

Herizal Memenangkan Pemilihan Keuchik Kuta Barat

Bireuen,kabardaily.com –  Pesta demokrasi di  Kuta Barat Kecamatan Makmur Kabupaten Bireuen telah usai. Herizal terpilih sebagai Keuchik untuk periode 2023-2029 setelah pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Keuchik Langsung di gampong setempat, Kamis (12/8/2023).

Hasil penghitungan suara, Herizal memperoleh 179 suara. Perolehan terbanyak kedua M Yusuf Saleh 101 suara. Terakhir Saiful memperoleh 90 suara.

Ketiga Calon Keuchik tidak asing bagi masyarakat Makmur. Herizal, sebelumnya lama menjabat Ketua Dewan Pimpinan Anak Cabang (DPAC) Partai Demokrat Kecamatan Makmur.

Begitupun dengan Saiful, yang dikenal dengan panggilan Tgk Bruek, mantan kombatan ini juga pernah jadi Ketua tingkat Kecamatan Partai Nanggroe Aceh (PNA).

Sementara M Yusuf Saleh sebelumnya juga pernah menjadi kombatan, sebelum MoU Helsinki 2005.

Gampong  Kuta Barat sebelumnya dipimpin Keuchik Sabri sejak 2017. Dan setelah memimpin 6 tahun, ia tidak mencalonkan diri lagi.

Muammar Khadafi, salah seorang tokoh muda Kecamatan Makmur yang bertempat tinggal di Kuta Barat, berharap kepemimpinan baru di gampong-nya akan membawa perubahan untuk kemajuan gampong.

“Dan lebih mengutamakan musyawarah mufakat” katanya.

Kuta Barat merupakan sebuah gampong di Kecamatan Makmur, sebelah timur berbatasan dengan Leubu Mesjid, sebelah barat berbatasan dengan Paloh Kecamatan Gandapura dan sebelah utara dengan Leubu Cot serta sebelah selatan berbatasan dengan Tringgadeng.

Secara sumberdaya, Kuta Barat banyak melahirkan tokoh level lokal. Tokoh pada tahun 70-an adalah Tgk A Gani Mahmud, Tgk Abbas dan beberapa tokoh lainnya.(MA)