28.9 C
Banda Aceh
BerandaAgamaGubernur Aceh Lepas Kafilah Aceh ke FASI Nasional XI

Gubernur Aceh Lepas Kafilah Aceh ke FASI Nasional XI

Banda Aceh,kabardaily.com – Gubernur Aceh Ir. H. Nova Iriansyah, M.T yang diwakili Kepala Dinas Syariat Islam Aceh, Dr. EMK. Alidar, S. Ag,. M. Hum melepas Kafilah FASI (Festival Anak Shaleh Indonesia) Aceh ke FASI Nasional XI yang berlangsung di Palembang Sumatera Selatan 24-27 Maret 2022. Kegiatan pelepasan Kafilah Aceh secara resmi berlangsung pada ahad malam 20/3 di Anjong Mon Mata Banda Aceh dihadiri 42 peserta dari cabang lomba FASI.

Gubernur Aceh dalam sambutannya menyampaikan selamat kepada anak-anak Aceh yang menjadi anggota kafilah FASI mewakili negeri Aceh tercinta dalam ajang Festival Anak Shaleh Indonesia di Palembang Sumatera Selatan. “Selamat kepada anak-anak Aceh yang menjadi anggota kafilah FASI mewakili negeri Aceh tercinta dalam ajang Festival Anak Shaleh Indonesia di Palembang Sumatera Selatan, sebut EMK Alidar mewakili Gubernur Aceh.

Sebelum ini, lanjut Alidar, anak-anak ini telah melalui serangkaian tahapan lomba yang panjang dan juga tidak mudah. Dan kenyataannya hari ini ada 34 anak-anak Aceh yang akan mengikuti Festival untuk membuktikan bahwa anak aceh yang ikut adalah yang terbaik mewakili 23 kabupaten dan kota se Aceh. “Kemampuan anak-anak ini untuk unggul dalam ajang provinsi menempatkan mereka sebagai ujung tombak pembentukan umat yang kuat berbasis masjid,” sebut Alidar.

Selain itu, lanjut Alidar, Gubernur Aceh juga sampaikan terima kasih diberangi rasa salut, haru dan bangga kepada Bapak dan Ibu orang tua yang dengan tanpa lelah mendidik putra-putrinya menjadi tunas baru pemimpin yang mumpuni. “Tugas berat Bapak Ibu tentu tidak berhenti di kontestasi FASI 2022, melainkan akan merentang terus hingga masa anak-anak kita dewasa dan menjadi pemimpin yang sesungguhnya,” ungkap Alidar.

Lebih lanjut Alidar juga menyebut bahwa Gubernur Aceh beberapa waktu lalu telah menyampaikan dukungan penuh buat BKPRMI (Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia) Aceh dengan menjadikan FASI sebagai ajang kegiatan rutin dua tahunan Pemerintah Aceh. “FASI itu sebagai ajang evaluasi kegiatan pendidikan Islami yang selama ini diadakan di Masjid-Masjid, TPA dan Balai Pengajian, dapat berfungsi sebagai pemantik semangat anak-anak untuk mempelajari, memahami dan mengamalkan Al Quran,” sebut Alidar.

Pada bagian akhir, Alidar menyebut keberangkatan anak-anak dalam Kafilah FASI Aceh ke Sumatera Selatan akan sekaligus berfungsi sebagai duta Aceh dalam dakwah dan budaya Islam. “Selama tiga hari penuh, tatapan mata umat Islam Indonesia akan tertuju pada anak-anak kita. Stadion Jakabaring Palembang akan menjadi saksi keindahan akhlak, kedisiplinan, sopan santun serta kerja keras anak-anak Aceh yang shaleh, cerdas berakhlak mulia,” sebut Alidar mengakhiri sambutan Gubernur Aceh.

Sementara itu, Ketua Umum BKPRMI Aceh, Dr. Mulia Rahman, S.Pd.I, MA dalam laporannya menyebutkan bahwa Kafilah Aceh FASI Nasional XI adalah peserta hasil FASI Provinsi Aceh tahun 2019 lalu. “Mestinya FASI Nasional berlangsung pada 2020, namun disebabkan kondisi pandemi dunia, FASI ditunda hingga keputusan Rapimnas BKPRMI Awal Januari 2022 kemarin memutuskan bahwa FASI Nasional berlangsung pada akhir Maret 2022 ini,” jelas Mulia.

BKPRMI Aceh, sebut Mulia, merasa perlu menggandeng Pemerintah dari Level Nasional hingga Pemerintah Desa sekalipun untuk kegiatan FASI ini. “Alhamdulillah atas komitmet Pemerintah Aceh yang telah menjadikan FASI sebagai agenda rutin Pemerintah Aceh, yang digelar mulai dari tingkat Kecamatan hingga tingkat Nasional. Semoga ini dapat ditindak lanjuti pada masa-masa yang akan datang,” harap Mulia.

Peserta FASI Kafilah Aceh yang berangkat ke Palembang berjumlah 117 orang, terdiri dari Anak-anak 34 orang sebagai peserta, Pengurus BKPRMI Aceh bertindak sebagai Panitia & official 15 orang dan Orang Tua 68 orang. Rombongan Kafilah FASI Aceh akan menggunakan jalur darat dan bertolak dari Banda Aceh senin siang, dan tiba pada 30 maret nantinya.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,053,424
Total confirmed cases
Updated on May 25, 2022 19:54
Indonesia
156,553
Total deaths
Updated on May 25, 2022 19:54
Indonesia
3,011
Total active cases
Updated on May 25, 2022 19:54