fbpx

Dayah SIDIQ dan Kemnaker Adakan Pelatihan Video Editing untuk Generasi Digital Aceh

Aceh Besar,kabardaily.com –  Dayah SIDIQ bekerjasama dengan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) melakukan Pelatihan Berbasis Kompetisi (PBK) kejuruan multimedia program pelatihan video editing yang dibuka dan diresmikan langsung oleh Ust Muslim, S.Hi menggantikan Kepala Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Wiayah Banda Aceh Rahmat Faisal, S.T di Balai Latihan Kerja Dayah SIDIQ, Leupung, Aceh Besar. Senin, (27/11/2023).

Dalam kata sambutannya, Ust Muslim menyampaikan bahwa hampir diseluruh instansi telah memanfaatkan dunia digital sebagai aktivitas sehari-hari. Ia berharap dengan diadakannya pelatihan tersebut dapat memberikan dampak positif kepada peserta. Sehingga generasi-generasi Aceh tersadar dengan pentignya sebuah teknologi.

“Sebagai contoh perpustakaan saja sudah diarahkan untuk menggunakan digitalisasi daftar buku perpustakaan. Kita sebagai generasi yang akan menjalankan roda pemerintahan kedepan, mau tidak mau, suka tidak suka harus memiliki sumber daya yang lebih, apalagi dengan zaman digital 4.0. Maka dari itu, pelatihan ini adalah kesempatan emas untuk membenah diri dalam hal multimedia” Ujar Ust Muslim.

Selain itu, Kepala Desa Deah Mamplam, Leupung Bapak Marwan mengucapkan terimakasih kepada Dayah SIDIQ yang telah menyelenggarakan pelatihan multimedia. Ia berharap pemuda-pemudi Leupung yang mengikuti pelatihan tersebut dapat menyalurkan wawasan yang didapatkan untuk memajukan Leupung di hari yang akan datang.

“Alhamdulillah dengan diadakannya pelatihan ini kepada anak-anak kami, semoga ilmu yang didapatkan membawa hal positif yang dapat digunakan untuk memajukan Leupung di masa yang akan datang. Apalagi pelatihan ini diadakan secara free, jadi dapat menguntungkan anak-anak kami dapat menambah wawasan. Kami dari gampong Deah Mamplam mengucapkan ribuan terimakasih kepada Dayah SIDIQ yang telah mengadakan pelatihan ini, sehingga bermanfaat kepada anak-anak kita semua. Ungkap Marwan.

Wakil Pimpinan Dayah SIDIQ, Ust Idham Chalid, S.Pd dalam sambutannya mengungkapkan rasa syukur dan ucapan terimakasih kepada Kemnaker yang telah memberikan paket perdana pelatihan kepada Balai Latihan Kerja Dayah SIDIQ. Dengan harapan dapat memberikan atau mendongkrak skill produktivitas untuk mengembangkan skill peserta, baik di intansi yang tengah diampuh ataupun dapat mengembangkan potensi ekonomi.

“Pelatihan ini perdana diadakan di Balai Latihan Kerja Dayah SIDIQ. Mudah-mudah kedepan akan terus berjalan dengan kegiatan yang lain. Tidak hanya video editing, juga banyak kegiatan BLK yang bisa kita kerjasama dengan Kemnaker, seperti menjahit dan lain-lainnya. Pelatihan video editing selam 24 hari ini sangat penting untuk diikuti dari awal hingga akhir, mengingat saat ini sudah masuk pada era dunia digital.” Ujar Ust Idham.

Kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetisi (PBK) kejuruan multimedia program pelatihan video editing diikuti oleh 16 peserta (4 wanita dan 12 pria). Pada Senin, 27/11 materi disampaikan oleh Ust M. Oby Richky H,S.Pd selaku instruktur BLKK SIDIQ.

Pelatihan ini diharapkan dapat memberikan manfaat positif bagi peserta dalam mengembangkan keterampilan multimedia, khususnya dalam bidang video editing.