fbpx

Danlanud Sam Ratulangi: Narkoba Sangat Berbahaya dan Merugikan

Manado,kabardaily.com –  Menjadi salah satu program Pemerintah dan atensi pimpinan agar personel TNI Angkatan Udara tidak bersentuhan dan menjauhi Narkotika, Psikotropika, dan Bahan Adiktif berbahaya lainnya (Narkoba), karena tidak ada manfaat yang diperoleh, sehingga dapat dikatakan Narkoba sangat berbahaya dan merugikan.

Hal tersebut disampaikan Danlanud Sam Ratulangi Marsma TNI Muhammad Mujib, S.E., M.M., pada Acara Sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di Lanud Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara. Kamis (15/6/2023).

Pada kesempatan itu, Danlanud Sam Ratulangi menegaskan agar seluruh personel tidak sekali-kali berhubungan dengan Narkoba, karena dampaknya sangatlah luas dan merugikan semua pihak, baik diri sendiri, keluarga, kesatuan, dan lingkungan masyarakat.

Dengan kehadiran Satuan Tugas (Satgas) P4GN TNI Angkatan Udara, lanjutnya, merupakan kesempatan berharga bagi personel Lanud Sam Ratulangi guna menambah pengetahuan, wawasan serta informasi mengenai Narkoba, sekaligus menyukseskan program pemerintah yang diamanahkan kepada TNI Angkatan Udara dalam rangka mengingatkan dan mendisiplinkan personelnya.

“Acara ini merupakan salah satu upaya untuk melindungi keluarga besar TNI Angkatan Udara dari bahaya Narkoba, serta meningkatkan kesadaran dari dampak negatif penyalahgunaan Narkoba,” ujarnya.

Deteksi dini melalui tes urine yang telah dilakukan, lanjutnya, merupakan fungsi kontrol untuk memantau kondisi personel Lanud Sam Ratulangi, namun pada prinsipnya tanggung jawab untuk menjauhi Narkoba seharusnya telah terpatri dalam sanubari setiap personel.

“Mari bersama-sama kita saling menjaga serta meningkatkan kesadaran akan bahaya Narkoba dan ingat Narkoba sangat dilarang keras,” ujarnya seraya mengajak seluruh personel untuk mengikuti acara sosialisasi dengan penuh semangat dan tanggung jawab sebagai bentuk partisipasi dalam Kampanye “Perang Terhadap Narkoba”.

Sementara itu, Direktur Penyidikan Puspomau Kolonel Pom Tatiet Rozali, CTMP., selaku Ketua Tim Satgas P4GN TNI Angkatan Udara mewakili Dansatgas P4GN TNI Angkatan Udara Marsma TNI Danang Sulistiyanto menyampaikan bahwa peredaran dan penyalahgunaan Narkoba merupakan salah satu masalah nasional yang dipandang serius oleh pemerintah karena selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya.

“Kondisi ini sangat meresahkan masyarakat dan membahayakan perkembangan generasi muda, sehingga memerlukan perhatian serta penanganan yang serius dengan saling bersinergi antar instansi,” ujarnya membacakan sambutan Dansatgas P4GN TNI Angkatan Udara.

Melalui sosialisasi dari aspek kesehatan, hukum, dan pembinaan mental, lanjutnya, diharapkan personel Lanud Sam Ratulangi mendapatkan pemahaman serta pengetahuan yang mendalam mengenai Narkoba. “Informasi yang diterima dari sosialisasi ini, dapat disebarluaskan kepada keluarga dan lingkungan masyarakat, sehingga kita semua berpartisipasi menjadi agen P4GN TNI Angkatan Udara untuk menghidari Narkoba,” ujarnya.[*]