fbpx

Dalam Libur Idul Fitri, DLH Aceh Besar Himbau Masyarakat Tak Buang Sampah

Petugas Sampah Libur Mulai Rabu Hingga Sabtu

Banda Aceh,KABARDAILY.COM – Selama libur Idul Fitri 1445 H, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Besar menghimbau masyarakat Aceh Besar khususnya yang menerima layanan pemungutan sampah dari DLH untuk tidak membuang sampah karena DLH tidak memberikan layanan pengangkatan sampah dikarenakan petugas sampah libur idul fitri.

Kepala DLH Aceh Besar, Muwardi, SH, melalui Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan LB3, Mulyadi, SH mengatakan bahwa selama libur lebaran ini para petugas kebersihan dan penanganan sampah akan libur mulai dari hari Rabu hingga Sabtu mendatang.

“Petugas kita libur, jadi, kita minta masyarakat mengelola sampah rumah tangganya secara mandiri untuk sementara waktu, insya Allah hari Minggu akan normal kembali,” katanya di Kota Jantho, Sabtu (6/4/2024).

Ia menyebutkan, momen hari raya keagamaan seperti Idul Fitri menjadi puncak peningkatan aktifitas masyarakat dalam rangka menjalin silaturahmi bersama keluarga, tetangga di lingkungan sekitar, maupun sanak saudara.

“Momen ini juga yang dimanfaatkan oleh petugas kebersihan kita untuk menjalin silaturahmi dengan keluarga. Itu sebabnya, selama tidak ada layanan pengangkutan sampah, kami mohon masyarakat sama-sama mencegah terjadinya lonjakan sampah rumah tangga,” ajaknya.

Ia juga mengharapkan masyarakat mengkonsumsi makanan sesuai kebutuhan. Karena peningkatan konsumsi di masyarakat itu berbanding lurus dengan peningkatan jumlah sampahnya.

“Harapan kami supaya kita nanti bisa merayakan Idul Fitri secara khidmat, tapi juga tidak menimbulkan ekses-ekses yang kurang baik khususnya terkait persampahan, begitu juga dengan pemudik, untuk tetap menjaga kebersihan selama mudik lebaran, jangan tinggalkan sampah sembarangan,” pungkasnya.(**)

Kepala DLH Aceh Besar, Muwardi, SH