27.5 C
Banda Aceh
BerandaAgamaCeria Para Guru PAUD TK dan SD Pada Pelatihan "Language Art" Aceh...

Ceria Para Guru PAUD TK dan SD Pada Pelatihan “Language Art” Aceh Besar dan Banda Aceh

SANTERDAILY.COM | ACEH BESAR—Seorang guru tetap menjadi guru sejati selama dia mau terus belajar tanpa henti. Long life learning ( berkelanjutan, sukarela, bermotivasi diri) adalah kata kunci buat meningkatkan secara konsisten mutu dan kualitas guru.

Fajar Hidayah Blang Bintang dengan didukung lansung oleh tim Trainer PTC Fajar Hidayah Jakarta dan Ketua serta Pembina Yayasan , mengadakan pelatihan Seni dan Strategi mengjar bahasa yang Fun dan Kreatif.

Pelatihan ini diikuti oleh 154 para guru PAUD TK dan SD dari seluruh Aceh Besar dan ada juga yang berasal dari Banda Aceh.

Pada pembukaan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar yang diwakili oleh Kabid Pendidikan Dasar Bapak Drs Imran.

Drs Imran mengutarakan betapa pentingnya pelatihan dan peningkatan mutu guru bagi dunia pendidikan.

Sebagaimana juga Wakil Ketua Komisi Lima DPRK Aceh Besar Bapak H. Tengku Irawan Abdullah bahwa pendidikan Usia Dini merupakan pondasi utama bagi keberhasilan pendidikan secara keseluruhan.

“Keberhasilan dalam mengembangkan pendidikan usia dini secara tepat akan berpengaruh besar bagi maaa depan pendidikan dan generasi Aceh ke depan khususnya di Aceh Besar,” ujarnya.

Bapak H. Mirdas Eka Yora Lc.Msi Ketua Umum Yayasan yang mengisi langsung Seminar pada pelatihan ini menyampaikan, bahwa usia Dini 0-8 thn merupakan Golden Age dimana pertumbuhan otak adalah 80% dari keseluruhan proses otak manusia.

Maka pada periode usia emas ini sangat penting mengmbangkan imajinasi anak , keseimbangan pertumbuhan kognitif, afektif, psikomotor, spiritual, bahasa dan seni.

Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah mengeluarkan edaran K1839/C.C2/TU/2009 terkait tidak diperbolehkannya calistung pada usia di I dan jangan menjadikan syarat penerimaan siswa baru di SD.

Justeru itu sangat penting bagi para guru agar menjadi kreatif, inovatif dan menyenangkang serta terintegrasi dengan akhlak mulia atau karakter.

Pembelajaran kreatif harus bermula dari sebuah Proses yang Berkualitas ( Quality of Process) jangan hanya berorientasi pada hasil sehingga melupakan pentingnya Sensasi bagi anak.

Sensasi lahir dari kegiatan konkret atau nyata dimana dalam kegiatan tersebut para siswa akan terekspos secara maksimal menggunakan pancaindera baik peraba , perasa, penglihatan dan pendengaran . Semua getaran sentuhan itu akan menghasilkan suka cita yang besar dan memompa gairah dan perhatian para siswa terhadap objek pembelajaran yang dibuat berjenjang dalam proses yang kaya dalam. Hal ini juga dikenal dengan Language Experience Aproach.

Pelatihan ini juga dilanjutkan dengan WorkShop yang dibimbing lansung oleh Para Trainer Senior PTC Fajar Hidayah Bu Suraeyanti MPd dan Bu Hayati MPd.

Para peserta menikmati berbagai contoh lansung kegiatan pembelajaran yang Fun dan Kreatif dengan memanfaatkan barang bekas dan lingkungan sekitar sebagai media pembelajaran.

Karena proses pembelajaran yang berkualitas dibangun bukan dari midal yang mahal tapi dihasilkan dari Ide-ide yang kreatif .

Salah satu peserta mengatakan ” Sangat menarik dan berkesan bahkan membuka banyak wawasan. Singkat tapi sangat kaya dengan inspirasi ide-ide yang luar biasa. “. Mereka menginginkan agar pelatihan seperti initerus bisa diikuti lagi pada masa- masa yang akan datang.

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img

Stay Connected

31,112FansSuka
2,458PengikutMengikuti
61,453PelangganBerlangganan

Must Read

Related News

Indonesia
6,051,850
Total confirmed cases
Updated on May 19, 2022 21:06
Indonesia
156,510
Total deaths
Updated on May 19, 2022 21:06
Indonesia
3,766
Total active cases
Updated on May 19, 2022 21:06