fbpx

Bappeda Aceh Gelar FGD Literasi Masyarakat di Bireuen

Bireuen,kabardaily.com – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh melalui Tim Penyusunan Rencana Aksi gelar Focus Group Discussion (FGD) Analisis literasi di Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Kamis (15/6/2023).

Kegiatan FGD yang dirangkai sekaligus dengan sosialisasi Penyusunan Rencana Aksi Pembangunan Literasi Masyarakat ini, dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Drs.M Nasir, M.Pd. Kemudian dilanjutkan pemaparan oleh Tim Penulis Rencana Aksi Literasi Aceh sebagai Narasumber.

Setelah pemaparan dari Tim ini, dilanjutkan dengan kegiatan inti FGD bersama para peserta, antara lain dari unsur Bappeda Bireun, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, (P&K) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Gampong, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMG-PKB), Dinas Pendidikan Dayah, Cabdin Pendidikan Bireuen, dan Pegiat Literasi serta Bunda Literasi.

Pasca selesai FGD, Tim ini melanjutkan tinjauan lapangan ke Perpustakaan Gampong Meubaca, Lueng Daneun Kecamatan Peusangan Siblah Krueng didampingi oleh pejabat Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen.

Saifuddin, S.Ag, MM, Sekretaris Dinas yang mendampingi ke lapangan menyebutkan, hasil tinjauan memuaskan.

“Perpustakaan Gampong Meubaca bisa mewakili kondisi sesungguhnya bagaimana pembangunan literasi masyarakat terbangun terutama secara swadaya” sebut Saifuddin.

Mustika Hanum, ST, perwakilan Pegiat Literasi yang hadir sebagai peserta, mewakili Relawan Perpustakaan Gampong Meubaca, berterima kasih telah melibatkan mereka dalam kegiatan ini. Terima kasih juga telah bersedia berkunjung ke perpustakaan mereka.

“Kami sebagai Pegiat Literasi, berharap nanti akan tersusun rencana aksi yang memberikan manfaat nyata bagi perkembangan literasi di Bireuen” sebut Hanum, yang sehari-hari berkegiatan sebagai Tenaga Pendamping Profesional (TPP) di Kecamatan Peusangan Siblah Krueng (MA)