fbpx

Balai Bahasa Provinsi Aceh Latih Komunitas Literasi di Bireuen

Bireuen,kabardaily.com – Selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 21 s.d 23 Agustus 2023, Balai Bahasa Provinsi Aceh mengadakan pelatihan pemberdayaan komunitas literasi se Kabupaten Bireuen di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen, Kota Juang.

Tujuannya adalah untuk melatih anggota-anggota komunitas literasi dalam rangka meningkatkam kualitasnya sehingga dapat membantu dan bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Sebanyak 30 (tiga puluh) orang peserta perwakilan dari berbagai komunitas literasi yang ada di Kabupaten Bireuen mengikuti dengan serius pelatihan pemberdayaan ini. Berbagai materi disampaikan antara lain Manajemen Pengembangan Komunitas Literasi disampaikan oleh Rizki Sopya, Ketua Ruman Banda Aceh, Proses Kreatif Penulisan Cerita Anak dengan Narasumber dari Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, dan Membangun Perpustakaan Komunitas menghadirkan Narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen.

Syarifah Zurriyati, S.S, Analis Kata dan Istilah pada Balai Bahasa Provinsi Aceh kepada media ini menyebutkan bahwa kegiatan di Bireuen merupakan salah satu program Balai Bahasa Provinsi Aceh tahun 2023. Bukan hanya dilaksanakan di Kabupaten Bireuen, tapi juga di Bener Meriah dan Aceh Barat.

Saifuddin, S.Ag, MM, Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bireuen saat membuka kegiatan pelatihan, Senin (21/8/2023) menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk pengembangan komunitas literasi di Bireuen. Ia mengucapkan terima kasih kepada Balai Bahasa yang telah memilih Kabupaten Bireuen sebagai salah satu lokasi pelatihan.

Pada kesempatan tersebut ia juga berharap semua peserta untuk dapat mengambil banyak manfaat dari kegiatan pelatihan ini.(MA)